SISI Dukung Kegiatan Pesantren Ramadan Difabel Jawa Timur

Wednesday, 27 April 2022

SISI kembali merayakan bulan suci Ramadan dengan kegiatan sosial tahunan. Kali ini SISI turut terlibat dalam mendukung kegiatan Pesantren Ramadan Difabel Jawa Timur 2022 yang diadakan oleh Yayasan Griya Difabel sejak tanggal 23 hingga 27 April ini. 

Serangkaian kegiatan ini diadakan di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Gedung Disnaker Kabupaten Lamongan dengan dihadiri oleh Bupati Kabupaten Lamongan, Bapak Yuhronur Efendi beserta jajaran staf nya, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Ketenagakerjaan serta para peserta pesantren ramadan sebanyak 30 orang dari berbagai lokasi seperti Probolinggo, Surabaya, Pasuruan, Malang, Lamongan dan sebagainya. 

Dalam sambutannya, Bapak Yuhronur menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan tersebut di Kabupaten Lamongan. Ditengah keterbatasan yang ada tidak menghalangi niat para peserta untuk mengikuti serangkaian kegiatan, “Alhamdulillah senang sekali sore hari ini saya bisa membuka Pesantren Ramadan Difabel Jawa Timur 2022.. Semoga di tengah momen bulan suci Ramadan ini menjadi motivasi bagi kita semua untuk mengkaji Alquran dengan baik. Besar harapan saya semoga ini menjadi ladang pahala bagi kita semua, karena di tengah keterbatasan para peserta tampak antusias yang luar biasa mengikuti kegiatan.”

Senada dengan Bapak Yuhronur, Try Febri Khoirun Nidhom atau biasa akrab dipanggil Irul yang menjadi penanggung jawab kegiatan ini mengatakan, pihaknya bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Besar harapan melalui Pesantren Ramadan Difabel dapat menumbuhkan semangat serta manfaat yang luar biasa bagi para peserta. “Tujuan diadakan kegiatan ini memang untuk mempertajam keilmuan para peserta difabel. Sehingga harapan saya bukan cuma masyarakat yang normal saja bisa belajar Alquran dengan baik, akan tetapi kami yang berkebutuhan khusus juga memiliki kesempatan yang sama dalam menimba ilmu agama sehingga dapat meningkatkan keimanan kita terlebih lagi untuk menghafal Alquran.”

Dalam kegiatan ini nantinya para peserta akan mempelajari berbagai materi keislaman seperti sejarah nabi, belajar hadits, dan contoh-contoh implementasi amaliyah ramadan sehingga dapat diterapkan oleh para peserta sebelum Ramadan usai ini. Kegiatan Pesantren Ramadan ini menjadi kali kedua kegiatan rutin komunitas difabel Jawa Timur yang rencananya kegiatan ini akan menjadi agenda berkelanjutan setiap tahunnya.