Tingkatkan Produktivitas dengan 6 Cara Bekerja Efektif dan Efisien

Friday, 5 February 2021

Efektif dan efisien merupakan dua hal yang biasanya menjadi parameter dalam pekerjaan yang kita lakukan. Tingkat efektif dan efisien pekerjaan seringkali berbanding lurus dengan produktivitas dan kinerja yang dilakukan. Kebanyakan dari kita menganggap produktivitas adalah sekadar mencoret setiap to-do list yang kita buat. Namun produktivitas sebenarnya adalah tentang melakukan hal-hal yang penting.

 

Agar pekerjaan selesai tepat waktu, dimanapun dan apapun pekerjaannya, Sobat harus tahu bagaimana cara bekerja dengan efektif. Berikut tips-tips yang bisa diaplikasikan agar kerja lebih efektif dan efisien untuk mencapai produktivitas yang diinginkan! 

  1. Buat Prioritas

Saat akan bekerja, cobalah membuat daftar tugas sesuai dengan prioritas yang harus dituntaskan terlebih dulu. Pembuatan daftar tugas yang harus dikerjakan ini akan membuat kamu bisa fokus menyelesaikan tanpa harus terdistraksi memikirkan tugas yang lainnya. 

  1. Fokus

Seringkali banyak aktivitas yang mengganggu ketika bekerja, bisa saja dari aplikasi chat, sosmed, informasi dari situs berita, atau bahkan obrolan sesama teman di ruang kerja. Kurangi distraksi semacam ini dan sebisa mungkin jangan sampai terpengaruh. Alokasikan waktu sepenuhnya untuk memberi perhatian lebih pada pekerjaan yang dihadapi. Fokus pada apa yang dihadapi sehingga tidak mudah terganggu, misalkan saja dengan tidak membunyikan notif ponsel. 

  1. Atur waktu dengan baik

Cara bekerja efektif lainnya yang harus kamu ketahui adalah time management yang baik. Pikirkan berapa waktu yang harus kamu habiskan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Jika kamu bisa mengatur waktu dengan baik, semua pekerjaan pasti akan selesai pada waktunya atau bahkan lebih cepat dari biasanya. 

  1. Komunikasikan semuanya

Kolaborasi adalah sesuatu yang tak dapat terhindarkan dari pekerjaan kita. Oleh karena itu, kita harus mengerti bagaimana caranya bekerja secara efektif dan efisien dengan orang lain untuk bisa menyelesaikannya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari pekerjaan yang tidak perlu dan menghemat waktu adalah dengan mengeliminasi semua kesalahpahaman. Pastikan semua anggota tim menjalin komunikasi yang baik dan memahami brief dari tugas masing-masing di awal pekerjaan. 

  1. Ciptakan dan ikuti rutinitas

Manusia memiliki jam tubuh yang terbentuk karena kebiasaan. Entah itu jam makan, jam tidur, atau jam kerja. Agar pekerjaan dapat berjalan efisien, kamu harus membuat rutinitas kerja sendiri. Ketika memiliki rutinitas, kamu dapat menyelesaikan setiap tugas dengan cepat karena tidak harus banyak berpikir.

  1. Ubah cara berpikir

Temukan cara agar kamu dapat menikmati pekerjaanmu. Ketika kamu merasa tertarik, tertantang, dan mahir pada pekerjaanmu itu, kamu akan mampu bekerja lebih produktif. Untuk itu, pikirkan apa saja tugas-tugas yang paling membuatmu semangat dan  berpikir tampak mudah, sehingga semua pekerjaan tidak tampak berat dan lebih mudah menuntaskannya.

 

Itu tadi beberapa tips agar kamu dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien. Pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu terkadang bukan karena terlalu banyak, tapi kamu kurang dapat mengatur pekerjaanmu dengan baik. Agar aktifitas kerjamu berjalan dengan lancar, jangan lupa untuk mengaplikasikan cara-cara di atas ya Sob!