Trend Bersepeda di Tengah Pandemi? Ternyata Ini Dia Manfaatnya

Friday, 10 July 2020

Semenjak masa pandemi ini, bersepeda menjadi opsi olahraga yang ramai diminati. Kegiatan ini dianggap menjadi hal yang positif untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit yang datang. Namun, animo masyarakat terhadap bersepeda juga tidak lepas dari semakin banyaknya konten berisi aktivitas bersepeda yang dibagikan oleh komunitas dan pegiat hobi bersepeda di sosial media.

Dalam hal ini, olahraga bersepeda menjadi pilihan menarik sebab bermanfaat bagi kesehatan serta dapat dilakukan dengan tetap memerhatikan protokol pencegahan penyebaran virus corona seperti yang dilakukan Hakky Anshary salah satu Sales Control SISI. Lantas apa saja manfaat dari bersepeda ini? Berikut beberapa manfaat dari bersepeda.

Menurunkan tingkat stress

Tidak heran jika di masa pandemi ini tingkat stress juga meningkat. Hal ini dikarenakan kita harus berdiam di rumah sampai berbulan-bulan untuk menghentikan penyebaran virus. Nah, bersepeda bisa menjadi alternatif olahraga yang cocok karena bisa dilakukan sendiri.

Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Dengan bersepeda kita dapat menyegarkan pikiran karena dapat menghirup udara segar dan menikmati pemandangan di luar rumah.

Memperbaiki Kardiovaskular

Bersepeda termasuk olahraga kardio. Dikategorikan demikian karena dengan bersepeda, kinerja jantung, paru-paru, dan sistem sirkulasi darah akan meningkat. Selain itu, bersepeda secara teratur juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, menguatkan otot jantung, dan menurunkan tekanan darah. Semakin baik kinerja sistem peredaran darah atau kardiovaskular, makin semakin rendah risiko terkena stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Menjaga berat badan

Bersepeda memang mengasyikkan, selain sebagai alat untuk rekreasi, bersepeda membuat tubuh bergerak aktif. Dengan bersepeda secara rutin, dapat menjadi opsi untuk menjaga berat badan. Namun, jika ingin menjaga berat badan, seimbangkan juga kegiatan bersepeda secara rutin dengan pola makan yang baik. Jangan sampai setelah bersepeda langsung makan dengan porsi yang berlebih.

Keinginan untuk hidup lebih sehat terlebih saat pandemi ini pasti meningkat. Dengan bersepeda, kita dapat meningkatkatkan energi untuk kembali melakukan produktivitas kerja. Stamina yang cukup dan suasana hati yang positif adalah sumber energi terbaik untuk menjalankan pekerjaan dengan maksimal. Tapi walaupun di rumah aja, jangan lupa untuk tetap aktif dan produktif dengan bekerja sambil menikmati kemudahan layanan yang kami berikan untuk membantu pekerjaan Anda.