Bangun Kompetisi yang Sehat dan Produktif Di Lingkungan Kerja

Friday, 3 June 2022

Kompetisi terkadang menjadi kontroversi karena maknanya yang identik dengan persaingan. Namun tahukah kalian bahwa terkadang kompetisi ini bisa menjadi suatu hal yang positif. Pada lingkungan kerja, dengan menciptakan kompetisi yang menyenangkan, efektif, dan berorientasi tim, tentu ada banyak manfaat yang bisa diperoleh.

Semangat kompetisi tentu dapat mendorong produktivitas perusahaan. Akan tetapi untuk menciptakan kompetisi yang sehat bukanlah perkara yang mudah. Perlu komitmen dari semua pihak untuk mendukung terciptanya sebuah kompetisi yang sehat dan lebih produktif untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

 

Berikut beberapa cara yang dilakukan untuk menciptakan semangat kompetisi yang sehat dan produktif pada lingkungan kerja;

  • Bangun suasana yang menyenangkan

Baik atau tidaknya kompetisi kerja yang sehat dan hasil kerja seseorang terkadang ditentukan dengan tingkat kenyamanan suasana kerjanya. Berikanlah karyawan kebebasan untuk menata meja kerja atau ruang kerjanya sendiri yang dapat meningkatkan semangatnya dalam bekerja. 

Selain itu, cara lain yang dapat menambah semangat kompetisi karyawan adalah tambakan kegiatan yang menyenangkan untuk berkompetisi. Anda dapat menambahkan kegiatan sederhana seperti pertandingan olahraga antar departemen atau unit kerja, kegiatan lomba kreativitas dan sebagainya. Hal ini dapat memicu semangat kompetisi dari setiap karyawan yang ada di perusahaan.

  • Buat karyawan menikmati kompetisi 

Sebenarnya kompetisi kerja yang sehat akan memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan, di mana karyawan secara tidak langsung didorong untuk maju berkembang menjadi lebih baik lagi. Untuk itu buat karyawan dapat menikmati kompetisi kerjanya agar mereka semakin menjadi semangat untuk terus belajar, terus berkembang, terus berusaha meningkatkan produktivitasnya.

Akan tetapi kompetisi yang dihadapi tentu akan ada tingkat kesulitannya masing-masing. Tentunya tingkat kesulitan kompetisi yang dihadapi sesuai dengan kompetensi karyawan di mana semua konsentrasi dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan. Melalui upaya inilah, maka waktu mereka di kantor akan jadi lebih menyenangkan. Karyawan akan terdorong untuk bekerja dan pada gilirannya akan mencapai tingkat produktivitas yang lebih tinggi. Hal ini karena mereka akan punya cara terhadap pekerjaannya dengan effort yang lebih besar.

  • Tumbuhkan budaya saling memotivasi

Growth mindset adalah kunci untuk menjalankan kompetisi sehat. Pasalnya, mindset ini mendorong orang untuk terus menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri. Namun bukan perkara yang mudah untuk membangun hal ini. Tanpa kita sadari kompetisi dalam perusahaan dapat memunculkan standar kerja yang lebih tinggi. Sebagai contoh saat seorang rekan kerja menjual lebih banyak produk pada kurun waktu tertentu, tentu rekan kerja nya akan bekerja dengan lebih ekstra agar bisa menjadi sama atau bahkan lebih baik. Dengan kompetisi ini, Anda dapat mendorong budaya saling memotivasi antar karyawan.

  • Menumbuhkan kreativitas

Ketika orang berkompetisi, mereka menuntut dirinya agar berhasil dan ini memacu kreativitas dalam dirinya. Kreativitas ini dapat mengarah pada peningkatan produktivitas. Dengan adanya semangat kompetisi, orang akan berusaha mencari solusi kreatif agar bisa berhasil.

Ketika ada karyawan yang ingin berhasil, mereka ia terdorong untuk bereksperimen dengan pendekatan yang mengarah pada hasil yang lebih baik. Biasanya hal ini sering terjadi dalam tim pemasaran atau penjualan. Seorang sales misalnya, dirinya ingin mencapai target maksimal maka ia mencoba berbagai alternatif cara kreatif untuk memasarkan produknya. Sehingga ia bisa menjadi sales yang unggul dalam timnya.

  • Pencapaian disertai penghargaan

Untuk mendorong kompetisi sehat di tempat kerja, ada baiknya perlu memberi penghargaan untuk karyawan yang memiliki kinerja terbaik di perusahaan. Berikan penghargaan untuk mengapresiasi mereka yang sudah bekerja keras meraih capaian-capaian tertentu. Dengan adanya kompetisi dan penghargaan yang setimpal akan membuat karyawan merasa lebih dihargai dan bahagia.

 

Itu tadi beberapa cara untuk dapat menciptakan semangat kompetisi kerja yang sehat dan produktif. Selain beberapa contoh di atas, upayakan manager HR dan stakeholder selalu turut andil dalam menciptakan dan mengelola budaya kerja dengan kompetisi yang sehat dan sesuai dengan visi perusahaan. Hal ini dapat memacu semangat yang lebih tinggi dalam keterlibatan karyawan untuk tumbuh bersama sebagai tim yang solid. 

Untuk dukungan pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM), Anda dapat percayakan pada layanan aplikasi FORCA HR. Layanan aplikasi yang andal dirancang khusus untuk memaksimalkan seluruh potensi SDM perusahaan dengan lebih efektif. 

Hubungi kami untuk informasi lebih lengkap dan konsultasikan kebutuhan bisnis Anda!