Menuju Transaksi yang Lebih Efisien, SISI dan SIG gelar Kick Off Pengembangan Sistem MD Royalty

Monday, 18 March 2024

Baru-baru ini, SISI dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau biasa dikenal dengan SIG kembali jalin kerja sama dalam pengembangan sistem Mega Distributor (MD) Royalty melalui agenda kick off meeting pada 6 Maret 2024 yang lalu. Sistem MD Royalty ini dirancang untuk menyederhanakan dan mempercepat transaksi antar perusahaan (intercompany sales) dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis SIG.

Turut hadir dalam agenda kick off yang dilakukan melalui video conference ini Bapak Achmad Tholcah selaku Direktur PT SISI, Bapak Jeremia Mangapul Silitonga selaku Transformation Management Sr Officer sekaligus Project Manager dari SIG, dan Bapak Bambang Trimono selaku SM of IT Application DevOps SIG. Dalam agenda ini SISI memaparkan rencana pengembangan sistem meliputi scope pekerjaan, timeline, organisasi project, dan risiko serta mitigasinya. 

Dalam sambutannya, Bapak Bambang Trimono menyampaikan bahwa sistem MD Royalty ini telah berjalan selama beberapa tahun terakhir dan memberikan manfaat yang maksimal bagi perusahaan. Ia menekankan bahwa tentunya perlu pengembangan yang berkala untuk membuat aplikasi dapat lebih maksimal ketika digunakan. “Sistem MD Royalty telah digunakan selama 3 tahun dan terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Kami bekerja sama dengan SISI untuk meningkatkan dan memperbarui sistem ini,” ujarnya.

Yoga Winanda selaku Commercial Account SISI menambahkan bahwa pihaknya optimis kerja sama ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi SIG dan anak perusahaannya. “Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Tentunya kami akan memberikan yang terbaik dalam upaya pengembangan MD Royalty sebagai platform digital yang terintegrasi dan andal untuk mendukung kelancaran bisnis SIG.”

Salah satu fokus utama dari pengembangan sistem ini adalah meningkatkan efisiensi operasional mulai dari bidang Shipment Management, Sales and Distribution, Material Management, Finance & Controlling, dan bidang lainnya. Dengan pemanfaatkan teknologi terbaru dalam sistem yang terintegrasi, proses bisnis tentu akan menjadi lebih efektif dan efisien. Hal ini akan berdampak pada meningkatkan produktivitas, efisiensi waktu pemrosesan, dan mengoptimalkan workflow.

Pengembangan sistem MD Royalty akan dilakukan dalam beberapa tahap, termasuk analisis dan desain sistem, pengembangan dan pengujian sistem, serta implementasi dan juga migrasi data. Nantinya platform ini diharapkan akan memungkinkan proses rilis multi brand dari operating company (opco) ke SIG menjadi lebih cepat dan mudah.