Dari Data Entry Officer Jadi Verificator, SISI dan PT Waskita Karya Kembangkan Aplikasi Human Capital Management

Monday, 13 January 2020

Mengingat tren perkembangan teknologi saat ini, banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dalam berbagai macam aspek kehidupan, utamanya dalam bidang bisnis. Perkembangan tersebut tentunya juga mempengaruhi strategi perusahaan dalam melakukan pengembangan bisnis. Begitu pula yang dilakukan oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk,  yang berkerjasama dengan SISI dalam melakukan penerapan teknologi informasi. Kerjasama ini dilakukan pada pengembangan sistem aplikasi Human Capital Management (HCM).

Aplikasi Human Capital Management merupakan sistem yang memfasilitasi efisiensi pengelolaan sumber daya manusia, beberapa hal di antaranya seperti, master data kepegawaian, penggajian, dan cuti online. Aplikasi ini juga memberikan ruang dan wadah bagi pegawai untuk berbagi ilmu melalui fitur learning center. 

Achmad Nurdin selaku project manager system aplikasi HCM SISI mengatakan, “Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk kemudahan pengelolaan human capital. Utamanya dalam administrasi kepegawaian, di mana dengan aplikasi HCM ini kita dapat mengubah kebiasaan karyawan khususnya bidang SDM dari data entry officer menjadi verificator.”

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Achmad Nurdin, Mufino selaku Sales Non SMIG menambahkan, pihaknya sangat berharap aplikasi HCM menjadi produk unggulan SISI, agar segera dapat digunakan oleh perusahaan lain di Indonesia.

Sistem aplikasi HCM ini juga memiliki beberapa fitur lain yang menjadi pembeda dengan aplikasi serupa lainnya, yaitu fitur persiapan masa pensiun bagi para karyawan yang masa kepegawaiannya akan segera habis.

Saat ini pengembangan aplikasi HCM yang digunakan di PT Waskita Karya (Persero) Tbk tersebut, sudah memasuki phase II dalam proses pengerjaanya. Rencananya aplikasi ini akan segera Go Live pada bulan Agustus mendatang. Besar harapan agar aplikasi HCM dapat memiliki manfaat bagi perusahaan di Indonesia dan mampu menerapkan industry 4.0 dengan baik.