Kenali Aplikasi Enterprise Risk Management, Digitalisasi Risiko Proses Bisnis Anda

Friday, 17 July 2020

Lingkungan bisnis yang saat ini sangat dinamis tentunya banyak juga risiko baik dari internal maupun eksternal. Pada kondisi ini mitigasi risiko telah menjadi salah satu elemen kunci dalam mendorong pertumbuhan suatu bisnis. Apalagi dengan semakin meningkatnya persaingan usaha, praktik manajemen risiko yang baik akan menjadi pilar utama dalam setiap proses pengambilan keputusan.

Dalam menghadapi risiko-risiko yang ada, saat ini lazimnya sebuah perusahaan dapat beradaptasi dengan mengoptimalisasikan penggunaan teknologi aplikasi Enterprise Risk Management (ERM). Kombinasi teknologi dan bisnis dalam melakukan mitigasi risiko ini tentunya akan memberikan dampak yang signifikan pada jalannya perusahaan. Mitigasi risiko melalui penerapan aplikasi Enterprise Risk Management yang terpadu akan memungkinkan perusahaan secara efektif mengelola dampak risiko, sehingga dapat memperkirakan dan melakukan tindakan preventif untuk mengantisipasi risiko terhadap perusahaan dan tujuan perusahaan tetap dapat diraih.

Pengelolaan risiko juga tidak hanya terbatas pada risiko kecil yang biasa terjadi, tetapi juga pada seluruh proses yang melekat pada fungsi-fungsi yang kritikal untuk memastikan kelangsungan operasional bisnis berjalan secara efisien dan efektif.  Melalui fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi, pencatatan dan pelaporan data kritikal perusahaan akan lebih transparan. Pencatatan ini melibatkan beberapa lini approval sehingga dapat memastikan keterlibatan seluruhnya hingga level operasional. Selain itu ada fitur reminder untuk memastikan kegiatan mitigasi dapat dilakukan dengan  baik.

Walaupun setiap bisnis memiliki risiko, namun pada umumnya risiko berasal dari ketidakpastian dalam berbagai hal dan aspek-aspek eksternal lainnya yang berada di luar kontrol perusahaan. Langkah digitalisasi risiko melalui penerapan aplikasi ERM, tentunya dapat mengakomodasi pemantauan risiko yang bersifat dinamis dan fleksibel. Jadi, sudahkah terkelola dengan baik risiko bisnis perusahaan Anda? Hubungi SISI solusi manajemen risiko perusahaan Anda.