Kenali Fintech, Keuangan Digital yang Kini Naik Daun!

Friday, 29 April 2022

Pesatnya perkembangan teknologi informasi berdampak pada munculnya berbagai inovasi untuk tujuan memudahkan manusia dalam berinteraksi. Implementasi berbagai teknologi seperti e-Commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine, intranet, dan lain sebagainya telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat menjadi digital savvy. 

 

Perkembangan teknologi digital kini juga telah menghasilkan banyak inovasi sistem informasi, salah satunya seperti teknologi finansial (financial technology). Financial technology atau dikenal fintech merupakan inovasi teknologi digital dalam bidang finansial yang memudahkan proses transaksi keuangan. Berikut beberapa inovasi digital yang populer pada bidang finansial.

 

1. Crowdfunding

Crowdfunding adalah sebuah bentuk praktik pendanaan dengan melibatkan banyak orang. Di era saat ini pengumpulan dana sudah umum dilakukan untuk melakukan berbagai program sosial. Salah satunya yang terkenal seperti platform kitabisa.com. Selain pada program sosial, crowdfunding juga lazim dilakukan dalam mengembangkan bisnis atau usaha. Sistem ini memanfaatkan upaya kolektif dari beberapa individu secara online dengan menggunakan platform atau media sosial khusus crowdfunding sebagai alat untuk menjangkaunya.

 

2. Microfinancing

Microfinancing merupakan salah satu strategi potensial dalam upaya menjembatani permasalahan ekonomi guna menyalurkan secara langsung modal usaha dari pemberi pinjaman kepada calon peminjam. Dengan adanya jenis fintech ini, diharapkan bisa memudahkan masyarakat dengan tingkatan ekonomi menengah ke bawah untuk bisa mendapatkan pinjaman sebagai modal dalam mendirikan suatu usaha. Meski jumlahnya yang terbilang kecil, tetap saja suntikan dana ini begitu berarti untuk membuat bisnis yang digeluti tetap berdiri.

 

3. P2P Lending Service

P2P Lending Service merupakan solusi penyediaan jasa pinjaman yang menghubungkan antara debitur atau pihak peminjam secara langsung dengan pemilik dana pinjaman atau kreditur. Melalui fintech yang satu ini, pengguna dapat melakukan pinjaman tanpa harus berbelit-belit seperti pada bank konvensional. Di Indonesia sendiri fintech yang satu ini dapat kita jumpai melalui berbagai platform seperti Kredivo, AwanTunai, dan sebagainya.

 

4. Market Comparison 

Seperti namanya, comparison yang berarti membandingkan berbagai macam produk keuangan yang ada, mulai dari aspek asuransi, KTA, dan lain sebagainya. Penggunaan jenis fintech satu ini, pengguna melakukan analisa terlebih dahulu untuk mengetahui produk mana yang paling cocok untuk kebutuhan. Dengan begitu pengguna dapat melakukan perencanaan finansial dan mendapatkan beberapa pilihan investasi yang paling tepat. 

 

5. Digital Payment System 

Digital payment system merupakan teknologi yang memberikan pandangan baru bagi masyarakat tentang pembayaran non tunai yang jauh lebih praktis, efisien dan aman dalam setiap bertransaksi dengan menggunakan media elektronik. Layanan ini adalah layanan paling populer di era sekarang dan digemari khususnya oleh kaum milenial karena sangat mudah digunakan. Digital payment system biasa kita jumpai dalam berbagai layanan seperti pembelian pulsa & pascabayar, kartu kredit, dan lain sebagainya.

 

Itu tadi beberapa ulasan teknologi fintech yang bisa Anda gunakan. Tetapi tetap ingat, meskipun begitu banyaknya peralihan hidup yang serba online, gunakan semua fasilitas tersebut dengan bijak sesuai dengan kebutuhan.