Ketahui Peran Utama Konsultan IT untuk Kebutuhan Bisnis Anda

Monday, 26 July 2021

Saat ini banyak sekali pelaku usaha yang mulai memanfaatkan jasa konsultan IT (information technology) untuk membantu operasional bisnis agar lebih efisien dan lebih praktis. Karena perkembangan dunia teknologi semakin meluas, mau tidak mau berbagai pekerjaan menjadi sangat membutuhkan peran konsultan IT untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. 

Konsultan IT yang saat ini telah menjadi bagian penting dalam kegiatan bisnis merupakan suatu bidang kegiatan atau jasa yang berfokus pada tanggung jawab penerapan solusi teknologi dalam memecahkan masalah bisnis. Konsultan IT biasa disebut juga pakar IT yang menyediakan jasa berupa rekomendasi terbaik pada perencanaan implementasi teknologi yang akan dilakukan perusahaan. Sebenarnya sangat banyak tugas dan tanggung jawab konsultan IT yang dapat membantu perusahaan Anda, berikut kami rangkum beberapa tugas konsultan IT, di antaranya: 

 

  1. Merencanakan Proses Bisnis dan Desain Sistem

Konsultan biasanya akan mendesain dan mengimplementasikan infrastruktur IT dengan dukungan dari para profesional IT yang berpengalaman dan bersertifikasi internasional. Dalam pekerjaan ini konsultan IT juga akan membuat timeline pelaksanaan proses bisnis implementasi, penyelesaian proyek, pengujian teknologi, dan bekerja dengan tim teknis internal untuk memastikan konsistensi penggunaan teknologi.  Selain itu, konsultan IT juga akan mengomunikasikan instruksi teknis dalam istilah bisnis yang dapat dipahami dan menghasilkan manual teknis penggunaan, untuk membantu pelaksanaan operasional bisnis perusahaan. 

 

  1. Memberikan Training

Tak jarang konsultan IT melakukan berkolaborasi dengan tim teknis internal untuk memastikan penggunaan teknologi informasi dapat diterapkan dengan benar. Bahkan di beberapa kesempatan konsultan IT juga memberikan training pada tim teknis internal untuk memastikan klien memiliki SDM yang handal dalam mengoperasikan perangkat dan teknologi informasi yang digunakan. 

 

  1. Menganalisa Statistik

Konsultan IT memungkinkan bisnis yang belum memiliki sumber daya yang cukup untuk mendedikasikan tenaga terampil ke dalam departemen IT secara penuh waktu agar dapat meningkatkan skala bisnis dengan cepat. Adanya peran konsultan IT akan membantu perusahaan dalam menganalisa sistem dan infrastruktur IT sehingga dapat mendiagnosis masalah, inefisiensi, dan kelemahan sistem yang ada pada perusahaan.

 

  1. Memberikan Rekomendasi Terbaik

Beberapa konsultan IT dihadirkan khusus untuk memberikan saran tentang masalah utama bisnis. Mereka mempelajari alur bisnis, mengidentifikasi area yang dapat ditingkatkan dan kemudian biasanya merekomendasikan berbagai jenis solusi untuk digunakan, bisa dengan menambahkan penggunaan perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) untuk membantu memecahkan masalah operasional bisnis Anda. 

 

  1. Memberikan Laporan Terperinci tentang Kemajuan Teknologi yang Digunakan

Bisnis yang sukses selalu yang didorong oleh seorang yang memiliki otoritas, visi, dan pengaruh untuk mewujudkan perubahan dan perbaikan yang diperlukan. Di sinilah peran dari jasa konsultan IT sangat diperlukan. Konsultan IT dapat bertindak sebagai salah satu pihak yang memberikan dorongan perubahan dan perbaikan pada bisnis, karena pada tahap akhir dari pelayanannya konsultan akan memberikan laporan terperinci tentang kemanjuran teknologi yang digunakan. 

Laporan yang dibuat oleh konsultan IT biasanya sangat detail, sehingga dapat digunakan manajemen perusahaan sebagai pijakan dalam proses pengambilan keputusan. Jika tidak memiliki informasi laporan yang relevan maupun terperinci, maka berbagai keputusan bisnis yang dijalankan tentu akan berisiko mengalami kerugian ataupun  penurunan produktivitas.

 

SISI sendiri menyediakan layanan konsultasi pada bidang manajemen teknologi informasi, yang meliputi berbagai layanan, di antaranya: Tata Kelola Teknologi Informasi, Sistem Manajemen Keamanan Informasi, IT Master Plan, Digital Transformation Roadmap, dan masih banyak lagi. Kami dapat memberikan analisa dan program terbaik untuk membantu bisnis Anda dalam membangun sistem teknologi yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim terbaik kami sekarang juga!