Cerita Lina Menjadi Seorang Service Desk

Friday, 3 July 2020

Pernah membayangkan seperti apa dunia pekerjaan Service Desk SISI? Mereka tim yang selalu siap menjawab berbagai pertanyaan dan keluhan pelanggan selama 24 jam. Bahkan dengan adanya fasilitas dukungan seperti melalui Whatsapp dan aplikasi untuk service desk kini tugas Service Desk SISI semakin beragam.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Lina Tri Handayani sapaan akrab Lina, salah satu tim Service Desk SISI untuk SIG. Setiap hari dirinya harus melakukan monitoring aplikasi demi memudahkan permintaan dan pelayanan lainnya terhadap customer.

Saat ini ada 4 layanan yang disediakan oleh Service Desk untuk melayani keluhan dan permintaan pelanggan setia SISI, diantaranya melalui e-mail, Whatsapp, layanan aplikasi service desk, dan via telepon. Aplikasi service desk sendiri, memiliki nomor tiket yang unik yang dapat digunakan juga oleh customer untuk mengetahui status tiketnya secara online.

Bagi Lina, Service Desk memiliki peran sangat penting dalam perusahaan. Dirinya mengaku harus siap melayani konsumen dengan semua perilaku, semua karakter dan semua kebiasaan konsumen yang berbeda-beda. Hal ini membuat pekerjaan Service Desk terkadang terasa melelahkan, namun selalu ada keasyikan tersendiri.

“Memang sedari lulus kuliah saya selalu bekerja pada bidang pelayanan, khususnya customer service. Dari sedikit pengalaman tersebut, setidaknya saya selalu merasakan bahwa berinteraksi dengan manusia tidak pernah membosankan. Setiap hari ada saja hal baru dan membuat emosi bisa naik turun. Tapi juga ada kekaguman tersendiri saat pelanggan puas dengan layanan kita,” ujar Lina.

Pekerjaan sebagai Service Desk sekilas terlihat mudah, tapi ternyata tidak segampang yang dibayangkan. Kesiap-sediaan menanggapi keluhan dan permintaan customer, mulai dari yang mengalami gangguan layanan, hingga kurangnya pemahaman terkait penggunaan layanan tersebut, sehingga tak jarang akhirnya menjadi keluhan atas layanan dengan penyampaian yang bervariatif.

“Meskipun suasana hati sedang suka maupun duka, sabar itu hukumnya wajib bagi seorang personel Service Desk. Kesalahan juga tidak melulu ada pada layanan kita, jadi sebisa mungkin dibawa enjoy dan selalu berpikir positif, apalagi ditemani dengan tim Service Desk SISI yang sangat menyenangkan,” lanjut Lina.

Yang tak kalah penting bagi Lina, dengan menjadi bagian dari tim Service Desk SISI saat ini menurutnya ia dapat memiliki koneksi yang banyak, relasi dengan client yang beragam, hingga mengenal akrab teknisi. Setidaknya dengan mengenal banyak orang, dirinya mengaku bisa mengembangkan perspektif yang jauh lebih luas.