Sentralisasi Data Karyawan SIG, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Terapkan Implementasi SAP SuccessFactors Employee Central

Monday, 18 May 2020

Jumat (15/5), menjadi momen bagi seluruh karyawan Semen Indonesia Group menghadiri kegiatan Ceremony Go live SAP SuccessFactors Modul Employee Central melalui media video conference. Acara ini dibuka oleh Ibu Tina T. Kemala Intan selaku Direktur SDM dan Hukum PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Nampak hadir pula dalam acara tersebut Presiden Direktur DDG yaitu Bapak Andi Wibisono, Chief HC & GA Kimia Farma Group yaitu Bapak Dharma Syahputra, dan perwakilan direksi seluruh anak usaha Semen Indonesia Group.

Ibu Tina T. Kemala Intan dalam sambutannya mengungkapkan rasa salut atas semangat tim implementasi yang telah menyiapkan sistem ini sedemikian rupa, sehingga dapat terlaksana ceremony Go Live SAP SuccessFactors Modul Employee Central. “Dengan adanya modul employee central ini saya sangat terbantu dan sudah merasakan manfaatnya. Silahkan kalian manfaatkan aplikasi dengan baik. karena saat ini data ke-SDM-an masuk ke dalam aplikasi SAP SuccessFactors, dari sejak kita awal bekerja hingga pensiun, sepanjang perjalanan karir di Semen Indonesia Group,” jelas Ibu Tina.

Senada dengan pernyataan Ibu Tina T. Kemala Intan dengan manfaat penggunaan aplikasi SAP SuccessFactors, Marihut Donna Yunita Sianturi selaku Project Manager implementasi SAP SuccessFactors ini mengatakan, “Dengan SAP SuccessFactor Employee Central sebagai satu platform sistem yang mencatat seluruh data karyawan SIG, hal ini akan memudahkan manajemen dan tim operasional perusahaan untuk melakukan analisa dan pengambilan keputusan  strategis/operasional yang terkait dengan karyawan. Juga informasi demografi karyawan dan penyempurnaan proses HR terhadap karyawan dapat berlangsung lebih efektif dan efisien.

Perubahan bisnis yang begitu cepat dalam era transformasi digital saat ini, menjadi tantangan yang besar bagi perusahaan. Melalui implementasi aplikasi SAP SuccessFactors ini, SISI berupaya memberi dukungan untuk menghadapi tantangan tersebut, khususnya pada pengelolaan sumber daya manusia, dengan mengintegrasikan seluruh proses mulai dari perekrutan, pengelolaan, pengembangan, dan optimalisasi SDM dalam satu platform. Modul Employee Central ini memegang peranan penting dikarenakan kesuksesan perusahaan dalam mengelola sumber daya akan sangat bergantung pada data SDM yang terintegrasi pada modul ini.

Diharapkan solusi SuccessFactors ini akan mendorong proses transformasi fungsi SDM agar lebih strategis sehingga dapat membantu membuat keputusan yang lebih baik dalam berkontribusi terhadap pencapaian kinerja Semen Indonesia Group ke depannya.