Tetap Produktif Di Masa Pandemi, Mahasiswa Teknik Informatika UMP Gelar Webinar Design Thinking

Monday, 21 December 2020

Pandemi Covid-19 ini menjadi problem yang dihadapi oleh masyarakat hampir di seluruh dunia. Meski banyak sekali agenda yang tertunda karena adanya peraturan pemerintah yang mewajibkan masyarakat untuk tetap berada di rumah, namun itu bukanlah alasan untuk menjadi tidak produktif. Seperti hal yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMP) ini yang sukses selenggarakan kegiatan webinar pada Senin lalu (14/12).

Mengusung tema “Mengatasi Masalah dengan Inovasi Teknologi,” kegiatan ini diikuti oleh para mahasiswa yang tergabung dalam Fakultas Teknik Informatika dengan penuh antusias. Pada kesempatan ini, Aris Eko Priyanto salah satu Solution Architect SISI yang menjadi narasumbernya. Aris Eko menyampaikan materi mengenai pentingnya design thinking dalam sebuah inovasi teknologi, berbagai dampak negatif dan positifnya ketika sebuah inovasi teknologi diberlakukan, tahapan-tahapan yang dilakukan dalam pembuatan teknologi, serta hubungannya dengan peluang dan tantangan di era digital saat ini.

Menurut Mutia, salah satu peserta webinar ini mengatakan, “Materinya cukup bagus untuk membuka wawasan dalam merancang sebuah produk. Design thinking menjadi sangat penting ketika kepuasan dan pengalaman pengguna menjadi salah satu poin yang diutamakan oleh perusahaan. Karena desain bukan hanya bagaimana sebuah produk diciptakan dan digunakan banyak orang, tapi juga soal kenyamanan, efisiensi biaya, dan fungsi yang dibutuhkan pengguna.”

Seperti yang kita tahu bahwa dunia saat ini semakin sering dikejutkan dengan banyaknya perkembangan inovasi teknologi dari berbagai sektor industri yang memberikan dampak berarti bagi kehidupan. Mahasiswa yang notabene berperan sebagai agent of change ini tentunya perlu mengetahui bagaimana sebuah proses pembuatan inovasi tersebut layak diterapkan. Dengan materi yang diangkat ini, diharapkan mahasiswa saat ini sudah siap menghadapi tantangan global yang sangat dinamis saat ini.