Wujudkan Resolusi Bisnis Tahun Ini dengan Dukungan Sistem ERP

Monday, 3 January 2022

Memasuki tahun 2022 ini, sudahkah Anda menyusun strategi untuk mengembangkan bisnis? Awal tahun biasanya dimanfaatkan sebagian besar pelaku bisnis membuat rencana untuk mengembangkan bisnisnya selama satu tahun ke depan. Banyak perencanaan yang sekaligus menjadi resolusi yang ingin segera direalisasikan. Melakukan ekspansi bisnis sudah pasti juga menjadi salah satu daftar resolusi bisnis Anda bukan? Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan berbagai teknologi untuk menunjangnya, salah satunya sebaiknya Anda pertimbangkan adalah sistem ERP (Enterprise Resource Planning) yang dirancang khusus untuk mengelola proses bisnis pada semua level perusahaan. 

Dari waktu ke waktu peran ERP semakin menunjukkan penggunaanya dapat meningkatkan kualitas perusahaan. Enterprise Resource Planning (ERP) sebagai perangkat lunak manajemen proses bisnis difungsikan sebagai aplikasi untuk mengelola dan mengintegrasikan aktivitas bisnis sehari-hari, seperti keuangan, pengadaan, produksi, sumber daya manusia, dan aktivitas lainnya. Meskipun awalnya ERP ini digunakan oleh perusahaan besar, saat ini ERP juga populer di kalangan usaha kecil dan menengah. 

Sistem ERP berfungsi untuk menyederhanakan berbagai proses bisnis yang memakan banyak waktu dan tenaga jika dilakukan secara manual. Tugas yang berulang-ulang seperti melacak inventaris, memberikan tugas kepada karyawan, memantau jam kerja, mendistribusikan gaji, membuat laporan keuangan, semua bisa dilakukan secara otomatis. 

Dengan mengotomatiskan proses yang kompleks, karyawan dapat lebih fokus pada tugas utama yang strategis tanpa mengganggu satu sama lain. Dengan data yang disimpan dalam sistem ERP yang terpusat dan konsisten, semua departemen atau unit kerja dalam suatu perusahaan dapat mengakses data dari departemen lain. Misalnya, tim pemasaran dapat melakukan pengambilan data pada sistem tanpa harus memintanya dari tim TI, atau tim akuntansi terkait laporan penjualan tanpa harus bergantung pada departemen lain. 

Penggunaan ERP sendiri memberikan dampak yang cukup besar bagi perusahaan. Informasi real-time dan akurat, dapat membantu pemangku kepentingan membuat keputusan bisnis yang baik berdasarkan data yang dihasilkan. Pengambil keputusan dapat memantau indikator kinerja utama di seluruh perusahaan melalui dashboard yang tersedia pada aplikasi ERP. ERP juga dapat mengurangi duplikasi data dan menyediakan data yang akurat dengan mengumpulkan data transaksional bersama dari berbagai sumber. 

Di momen awal tahun ini, ERP bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk melakukan resolusi di tahun 2022. Telah banyak yang membuktikan ERP memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelaku bisnis dalam memanfaatkan aplikasi ini untuk bisnisnya. Namun sebelum menggunakan ERP, pastikan Anda melakukan identifikasi terlebih dahulu semua tantangan bisnis yang dihadapi. Jika Anda masih ragu kebutuhan ERP apa saja untuk bisnis Anda, silahkan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan ERP yang tepat. Tentunya kami SISI, menyediakan konsultasi gratis bagi Anda yang ingin menerapkan solusi ERP ini untuk merampingkan operasional bisnis Anda. Tunggu apa lagi, segera konsultasikan kebutuhan Anda dan hubungi kami sekarang juga!