Simak Tipe-Tipe Software ERM dan Sistem Kategori sesuai Skala Perusahaan Anda

Monday, 19 December 2022

Sangat penting untuk memahami mengapa perangkat lunak Enterprise Risk Management (ERM) dapat bermanfaat bagi suatu perusahaan. Sebagian besar perusahaan pastinya memiliki skema manajemen risiko. Ketika perusahaan mulai menjalankan ERM, umumnya mereka sering membuat rencana tentang bagaimana program mengelola risiko ini dijalankan dan hasil seperti apa yang mereka inginkan.

Selanjutnya, manajer risiko bakal mengidentifikasi dan menganalisis risiko dari program ini. Program ERM ini tentunya diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengidentifikasi risiko secara keseluruhan, memahami dampak dari risiko dan mengintegrasikan informasi ini ke dalam sebuah pengambilan keputusan yang tepat.

Namun, pengelolaan risiko secara manual bakal menghadirkan risiko baru bagi perusahaan. Selain itu, proses pengelolaan risiko manual bakal menghadapi tantangan, misalnya, proses yang terputus-putus di setiap bagian lantaran tak adanya sistem yang dapat mengintegrasikan risiko di setiap divisi perusahaan. Oleh sebab itu, dibutuhkan perangkat lunak ERM.

 

Sebelum mengimplementasikan perangkat lunak ERM ke dalam sebuah perusahaan, Anda harus memastikan sistem perangkat lunak ERM ini menyediakan berbagai tool yang membantu kinerja perusahaan. Fitur atau fungsi umum berikut memainkan peran penting dalam menghasilkan laporan yang dapat ditindaklanjuti yang membantu perusahaan memahami sepenuhnya dampak risiko dan dengan demikian membuat keputusan yang lebih tepat.

  1. Visualization Tool

Tool ini dapat memberikan representasi visual risiko, baik dalam perangkat lunak ERM atau melalui alat lain yang membantu eksekutif dan manajer unit bisnis lebih memahami perspektif manajemen risiko. Hal ini juga karena sebagian besar orang lebih condong dan mudah memahami jika ditampilkan secara visual, bukan kata-kata.

Perangkat lunak yang berfokus pada risiko bukanlah satu-satunya alat yang akan Anda gunakan; keadaan seperti karakteristik risiko, preferensi audiens, dan kecepatan pengambilan keputusan juga akan menentukan jenis visual yang dibutuhkan.

Namun, ketika mengembangkan visual, satu hal penting yang perlu diingat adalah perangkat ini harus mampu menghubungkan kembali ke strategi atau risiko mendasar apa yang coba Anda atasi.

  1. Dasbor

Meskipun dasbor adalah semacam alat “visualisasi”, dasbor memiliki fungsi dalam memberikan informasi bagi manajer risiko, eksekutif, dan lainnya untuk melihat informasi penting dengan cepat tentang  risiko. Informasi ini dapat mencakup status saat ini, dampak, indikator risiko utama, dan banyak lagi.

Dasbor risiko yang lengkap akan sangat membantu para eksekutif dan unit bisnis hingga manajemen risiko agar mudah mengetahui perkembangan risiko perusahaan dan bergerak proaktif dalam meminimalisir risiko itu. Ini merupakan perbedaan utama antara manajemen risiko manual dan pengguna software ERM.

  1. Analisis dan Kuantifikasi

Tool ini membantu perusahaan lebih memahami dan menganalisis data dengan cara yang berbeda, menghubungkan suatu risiko dengan risiko lain, risiko dengan tujuan, kinerja dan metrik lainnya dengan risiko, metrik dengan tujuan, mitigasi dengan risiko, dan banyak lagi.

Sistem perangkat lunak ERM yang kuat juga membantu perusahaan memanfaatkan indikator risiko utama (KRI) dan data trend dengan lebih baik.

 

Perangkat Lunak ERM Berdasarkan Fokusnya

Saat Anda mencari perangkat lunak, Anda akan mendapatkan informasi berbagai jenis perangkat lunak yang pastinya akan memusingkan Anda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengethaui tipe-tipe software ERM. Berdasarkan fokusnya, berikut dua jenis software ERM.

  1. One-stop shop

Perangkat lunak ini berfokus pada kepatuhan. Umumnya disebut Governance, Risk, and Compliance atau GRC. Komponen manajemen risiko dari sistem GRC hadir mendukung manajemen kebijakan, kepatuhan, audit, dan departemen lain yang memiliki elemen risiko sebagai bagian dari aktivitas mereka sehari-hari, seperti hukum dan SDM.

  1. Menghubungkan ke strategi

ERM jenis ini berfokus pada kinerja. Sistem perangkat lunak ERM ini dirancang lebih eksklusif untuk aplikasi manajemen risiko, lebih berfokus pada rencana strategis organisasi dan tidak terlalu pada sisi kepatuhan.

Mereka biasanya menyertakan alat yang memungkinkan pengguna untuk melakukan penilaian kuantitatif seperti simulasi Monte Carlo. Setiap ‘visual’ dapat ditautkan kembali ke tujuan strategis yang berlaku atau masalah mendasar yang coba ditangani oleh perusahaan Anda.

 

Software ERM Berdasarkan Integrasinya

Cara lain untuk mengkategorikan sistem perangkat lunak ERM adalah bagaimana mereka mengintegrasikannya ke dalam perusahaan. Berikut dua tipe perangkat lunak ERM berdasarkan cara mengintegrasikannya ke perusahaan.

  1. Instalasi berbasis web atau fisik

Sistem seperti ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan menganalisis risiko, menyimpan informasi, menetapkan pemilik, memantau strategi mitigasi, pengingat pengaturan, dan banyak lagi. Keuntungan dari sistem ini adalah mereka benar-benar melibatkan seluruh organisasi dalam manajemen risiko dengan memecah silo, meningkatkan komunikasi, dan menghilangkan atau setidaknya membatasi proses manual.

Mereka juga memberi manajer dan eksekutif informasi risiko dan hubungannya dengan strategi melalui dasbor yang mudah diakses.

  1. Memperluas fungsionalitas perangkat lunak yang ada

Perangkat lunak ERM juga dapat hadir sebagai tambahan atau pelengkap untuk sistem yang sudah digunakan perusahaan, seperti sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), Microsoft Excel, Microsoft Projects, dan lainnya. Pengaya ini mengintegrasikan atau meningkatkan analisis risiko ke dalam proses bisnis yang ada. Melalui pemodelan dan simulasi Monte Carlo, perusahaan dapat menilai dengan lebih baik dampak ketidakpastian pada rencana strategis hingga anggaran.

Salah satu kelemahan besar dari jenis perangkat lunak ERM ini adalah ia tidak menghubungkan risiko dengan tujuan strategis atau risiko lain, kecuali perusahaan Anda memiliki alat atau perangkat lunak untuk perencanaan strategis.

Demikian penjelasan mengenai perangkat lunak ERM dan tipe-tipenya yang dapat membantu Anda dalam memilih software ERM yang tepat untuk perusahaan Anda. Apabila perusahaan Anda membutuhkan informasi lengkap mengenai Enterprise Risk Management sebagai solusi untuk bisnis yang berkelanjutan, silakan klik di sini.