Inovasi Teknologi Bukti Nyata Merdeka di Era Digital

Friday, 12 August 2022

Perkembangan zaman yang diikuti oleh perkembangan teknologi digital yang semakin pesat secara tidak langsung memberikan banyak perubahan yang signifikan dalam kehidupan. Peranan teknologi menunjang berbagai aspek kehidupan tak terkecuali dalam kehidupan bisnis dan sehari-hari.

Dalam rangka memperingati hari Kemerdekan Indonesia yang ke-77 tahun ini, digitalisasi menjadi tema yang menarik untuk dibahas. Peranan teknologi tidak dapat dihindari dalam kehidupan kita sehari-hari. Berkaca sedikit ke belakang, banyak sekali manfaat yang telah kita peroleh. Apa saja itu? Berikut beberapa manfaat teknologi digital tersebut;

 

  1. Meningkatnya literasi digital menguatkan konsep merdeka belajar

Kebijakan Merdeka Belajar merupakan langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia Unggul. Guru dan peserta didik memiliki kemerdekaan dalam menentukan sendiri cara terbaik dalam proses pembelajaran mereka.

Guru dan murid kini telah dapat menerapkan merdeka belajar di era digital dengan mewujudkannya melalui berbagai pembelajaran sekolah yang sudah mulai menggunakan daring. Saat ini juga banyak platform yang mendukung pembelajaran secara online tanpa harus bertatap muka. Baik muda, tua, pekerja, atau ibu rumah tangga dapat belajar melalui berbagai platform ini tanpa ada batasan waktu dan jarak.

  1. Merdeka mengejar mimpi di era digital 

Setiap orang memiliki hak untuk mengejar mimpinya. Namun, apakah semangat mengejar mimpi ini sudah didukung secara penuh oleh ekosistem di sekitar kita? Saat ini telah banyak tersedia aplikasi berbasis Android dan iOS yang menyajikan beragam fitur dan konten menarik tentang pengembangan diri dan karier, serta memberikan para pengguna kemudahan akses mentorship langsung dengan para mentor profesional. 

Penggunaan teknologi aplikasi kini telah banyak yang menunjang pengembangan diri, karier, bahkan financial calculator. Seluruh konten dalam aplikasi-aplikasi ini biasanya disajikan dalam bentuk video, podcast, dan artikel yang menarik dan relevan dengan perkembangan terkini. 

  1. Merdeka membangun bisnis dengan beragam aplikasi

Merdeka di era digital juga terwujud di sektor bisnis. Sebagai salah satu bagian penting dalam kehidupam masyarakat, bisnis juga telah bertransformasi mengikuti pola digitalisasi. Alasannya tidak lain karena pergeseran pola aktivitas masyarakat yang sudah mulai melek digital, sehingga solusi kecanggihan teknologi menjadi jalan bagi produsen dan konsumen untuk saling berinteraksi.

Adanya beragam aplikasi kini menjadi suatu alat bantu dalam menjaga kelangsungan bisnis agar semakin berkembang. Para pemilik bisnis membutuhkan perbaikan secara terus-menerus terhadap usahanya serta responsif terhadap lingkungan yang dinamis dengan bantuan beragam aplikasi yang telah banyak ditawarkan oleh pengembang. 

 

Momen kemerdekaan Indonesia kali ini sebagai pengingat bagi kita semua untuk bersyukur dengan kemajuan teknologi yang saat ini telah banyak digunakan. Namun tidak cukup sampai disini, momentum kemerdekaan menjadi penyemangat bagi kita untuk saling menciptakan dan mendukung inovasi teknologi dari berbagai bidang untuk membuktikan bahwa kita sebagai generasi muda mampu senantiasa merdeka di era digital. Dirgahayu Indonesiaku!