Perkembangan Web 3.0 di Indonesia, Teknologi Internet Masa Datang

Friday, 19 August 2022

Era digital yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ini terus berlangsung dan berkembang begitu cepat. Perkembangannya kini ditandai dengan semakin masifnya penetrasi teknologi yang semakin canggih dalam berbagai aspek kehidupan. Fenomena ini menjadi konsekuensi bagi perubahan pola komunikasi, dari cara-cara dan media konvensional menuju digitalisasi komunikasi dengan menggunakan kanal teknologi kekinian.

Dalam beberapa waktu terakhir, istilah teknologi baru semakin digaungkan. Selain metaverse, pengembangan teknologi web 3.0 juga semakin sering kita dengar. Beberapa pakar teknologi mengemukakan bahwa web 3.0 akan menjadi jenis internet baru yang tidak hanya secara akurat menafsirkan apa yang dimasukkan oleh pengembang. Web 3.0 ini nantinya akan benar-benar memahami semua yang disampaikan baik melalui teks, suara, atau media lain, dimana konten yang disuguhkan disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Di Indonesia sendiri, deretan inovasi dibidang teknologi web 3.0 yang lahir dari beberapa komunitas maupun civitas akademik semakin berkembang pesat. Dikutip dari media teknologi bisnis, salah satu dosen Universitas Surya pun turut serta meramaikan pengembangan Web 3.0.

Pemerintah melalui Penasehat Khusus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Bidang Informasi dan Teknologi Yohanes Surya menyampaikan, teknologi Web 3.0 ini nantinya tidak hanya bersifat menerima informasi semata. Akan tetapi setiap orang akan bebas berkomunikasi dengan orang lain dengan aman (peer to peer).

Indonesia sebelumnya telah memanfaatkan teknologi web. 1.0 dan web. 2.0. Namun, kedua teknologi ini masih memiliki keterbatasan, yakni web. 1.0 hanya bisa menerima sistem informasi satu arah dan web. 2.0 hanya dua arah saja. Pada pengembangan Web. 3.0 nantinya, menurut Yohanes, bersifat terdesentralisasi, yakni tiap orang bebas berkomunikasi dengan orang lain. Dengan kata lain tiap orang itu jadi facebook/youtube/gojek/tokopedia sendiri-sendiri. Bisa memposting apa saja, kapan saja, dan disebarkan ke seluruh dunia.

Pemanfaatan teknologi terutama pengembangan Web 3.0 ini diharapkan dapat berperan dalam mengoptimalkan nilai tambah ekonomi dan membangun sinergi antar segenap komponen bangsa, dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat, ditengah persaingan antara bangsa yang semakin tajam.