Optimalkan Operasional Bisnis dengan Shared Services

Monday, 18 January 2021

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang luar biasa bagi seluruh masyarakat. Tak terkecuali sektor industri pun turut merasakan dampak yang bahkan mendisrupsi bidang ekonomi dan bisnis saat ini. Meskipun telah diberlakukannya “adaptasi kebiasaan baru,” namun untuk menjalankan bisnis perusahaan, pelaksanaanya masih belum bisa kembali normal seperti sebelum adanya pandemi. 

Pada kondisi seperti ini, manajemen perusahaan dituntut untuk mampu mempersiapkan diri dan beradaptasi untuk bertahan. Dengan beralihnya kebiasaan transaksi konsumen ke arah digital seiring pembatasan aktivitas sosial, kebutuhan perusahaan akan perangkat dan aplikasi berbasis digital pun meningkat tajam. Tak hanya itu, kebutuhan akan tenaga profesional yang memiliki penguasaan teknologi digital menjadi salah satu syarat utama. 

Digitalisasi pada setiap lini telah menjadi kewajaran demi tercapainya optimalisasi fungsi operasional bisnis saat ini. Penerapan layanan berbasis digital shared services pun menjadi sebuah jawaban yang mulai dilirik bagi banyak bisnis. Layanan ini merupakan strategi kolaboratif untuk melakukan re-organisasi unit-unit bisnis yang seringkali dipandang sebagai beban operasional. Dengan solusi ini perusahaan bisa lebih fokus untuk pengembangan dan pencapaian target pada core bisnis perusahaan. 

 

Apakah sudah saatnya memanfaatkan layanan Shared Services?

Perusahaan memiliki tujuan untuk menyediakan produk atau jasa dengan sebaik mungkin. Jika konsumen bisa memenuhi kebutuhannya melalui produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan, maka artinya sebuah perusahaan itu telah berhasil melakukan bisnis dengan baik. Akan tetapi ini tentu hal tersebut tidak sesederhana yang dibayangkan, sebab ada berbagai hal yang harus diatasi, baik dari faktor internal maupun eksternal perusahaan.

Implementasi layanan shared services dapat menjadi solusi untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan, yang pada akhirnya bertujuan pada peningkatan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Shared services memungkinkan perusahaan untuk menyederhanakan proses pada internal perusahaan yang mereka miliki sekaligus memberikan insights untuk meningkatkan kinerja bisnis agar semakin terarah dan bergerak dengan lebih cepat.

Salah satu pemanfaatan layanan shared services lainnya yang mungkin umum diketahui adalah pada pengelolaan proses bisnis sumber daya manusia (SDM). Ketika sebuah perusahaan memiliki SDM yang cukup banyak dan tersebar di berbagai lokasi, tentu akan membutuhkan upaya yang extra dalam pengelolaannya. Dengan memanfaatkan layanan shared services, perusahaan akan dibantu untuk menemukan pekerjaan mana yang berulang dan memberikan solusi untuk melakukan otomasi. Hal  ini tentu akan menghasilkan efektifitas dan efisiensi pada proses kerja, sehingga perusahaan juga bisa lebih fokus pada fungsi strategis untuk mengembangkan talent, memaksimalkan perekrutan dan mengelola retensi karyawan.

Jika perusahaan Anda saat ini sedang merencanakan melakukan pengembangan pada teknologi informasi, sebaiknya pertimbangkan kembali segala sesuatunya. Memang teknologi informasi diyakini mampu memegang peranan penting dalam peningkatan efisiensi perusahaan. Namun untuk membangun semuanya dari awal, sesuai dengan keinginan setiap divisi tidaklah mudah. Dalam hal ini shared services bisa menjadi solusi bagi pemenuhan kebutuhan teknologi informasi tanpa harus mengorbankan investasi yang cukup besar.

Sudah saatnya perusahaan mulai mempertimbangkan layanan yang satu ini, khususnya perusahaan yang memiliki banyak fungsi yang bersifat transaksional dan pekerjaan sederhana namun berulang dengan volume yang tinggi. Fungsi-fungsi tersebut biasanya menuntut resource yang tidak sedikit dan lazim ditemukan pada proses bisnis seperti human resource, finance and accounting, customer service, serta general affair dan procurement. Dengan layanan shared service yang terpusat dan terstandarisasi, perusahaan akan dapat fokus pada peningkatan produktivitas, kinerja, kualitas layanan, serta efisiensi secara jangka panjang. 

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai layanan Shared Services sebagai solusi terpadu untuk seluruh proses bisnis perusahaan di sini.