Insight

Simak berbagai artikel infromatif dan inspiratif seputar teknologi dan bisnis.

Prinsip-Prinsip yang Perlu Diperhatikan dalam Pelaksanaan E-Procurement
Prinsip-Prinsip yang Perlu Diperhatikan dalam Pelaksanaan E-Procurement

Procurement atau pengadaan adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk membeli barang, peralatan usaha, mesin-mesin produksi, atau bahkan bahan-bahan bangunan, equipment reparasi, dan jasa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.Lalu apa...

Yang Perlu Anda Ketahui Seputar Shared Services dan Fungsinya
Yang Perlu Anda Ketahui Seputar Shared Services dan Fungsinya

Selama pandemi COVID-19, perusahaan turut berevolusi seiring dengan perubahan yang terjadi dalam bidang teknologi informasi. Pembatasan pertemuan tatap muka akibat pandemi telah mengubah cara berbisnis dan aktivitas operasional perusahaan.Konsep sharing dan utilisasi...

Mengenal Layanan FORCA ERP dan Seluk Beluknya
Mengenal Layanan FORCA ERP dan Seluk Beluknya

Salah satu hal yang paling krusial bagi kemajuan bisnis adalah prakiraan (forecast) yang tepat. Pemangku kepentingan dalam perusahaan bergantung pada laporan untuk membuat prakiraan yang pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan yang mereka ambil. Oleh karena itu,...

10 Prioritas yang Perlu Diperhatikan Procurement Tahun 2022
10 Prioritas yang Perlu Diperhatikan Procurement Tahun 2022

Pandemi COVID-19 membawa ketidakstabilan dalam berbagai aspek bisnis selama dua tahun terakhir, termasuk lini procurement. Namun, berdasarkan Key Issues Study, sebuah studi yang dilakukan selama kuartal keempat 2021, beberapa perusahaan optimistis bisnisnya bakal...

Sejauh Mana Shared Services Memberi Nilai Tambah dalam Proses Bisnis?
Sejauh Mana Shared Services Memberi Nilai Tambah dalam Proses Bisnis?

Selama lebih dari satu dekade, organisasi baik di sektor publik maupun swasta telah memanfaatkan model shared services center atau layanan bersama terpusat untuk mengurangi biaya dari operasional back office, mendorong standarisasi proses bisnis, dan mencapai tingkat...

Mengapa Perusahaan Holding Membutuhkan Shared Services?
Mengapa Perusahaan Holding Membutuhkan Shared Services?

Perusahaan holding merupakan sebuah perusahaan induk yang mengendalikan, mengatur, dan mengawasi kinerja beberapa anak perusahaan yang tergabung dalam satu grup. Dengan banyaknya anak perusahaan yang dikendalikan, maka akan banyak proses berulang baik vertikal atau...

Bagaimana Penerapan ERM yang Efektif dalam Perusahaan?

Bagaimana Penerapan ERM yang Efektif dalam Perusahaan?

Enterprise Risk Management (ERM) atau manajemen risiko perusahaan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian aktivitas perusahaan untuk meminimalkan risiko yang dapat merugikan perusahaan.Secara umum, ERM dapat diartikan sebagai...

Solusi dari Tantangan yang Biasa Dihadapi Procurement pada Bisnis Anda

Solusi dari Tantangan yang Biasa Dihadapi Procurement pada Bisnis Anda

Eksekutif atau pemimpin divisi procurement memiliki serangkaian tanggung jawab agar semua proses pengadaan barang dan jasa dapat berjalan lancar. Tanggung jawabnya mulai dari identifikasi kebutuhan hingga pemrosesan pembayaran.Departemen procurement bekerja sesuai...

Bagaimana Bentuk Implementasi Aplikasi ERM pada Bisnis?

Bagaimana Bentuk Implementasi Aplikasi ERM pada Bisnis?

Pandemi COVID-19 yang telah berlangsung lebih dari dua tahun memberi dampak yang sangat besar bagi setiap negara dan di semua sektor industri. Tak hanya itu, negara-negara di Eropa dan belahan dunia lainnya juga merasakan dampak dari invasi Rusia ke Ukraina.Pandemi...

5 Kesalahan yang Biasa Terjadi pada Manajemen Risiko Perusahaan

5 Kesalahan yang Biasa Terjadi pada Manajemen Risiko Perusahaan

Warren Buffett pernah bilang, "Risk comes from not knowing what you’re doing.” Atau artinya kira-kira "risiko muncul dari ketidaktahuan akan apa yang Anda lakukan".Semua eksekutif dan manajer paham betul bahwa dalam menjalankan bisnis pasti bakal selalu bersinggungan...

Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan Melalui Customer Experience

Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan Melalui Customer Experience

Meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah salah satu hal yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis. Bisnis yang mampu membangun kepercayaan akan membuat perilaku ketergantungan dari pelanggan. Ini dikarenakan pelaggan memiliki keterikatan, sehingga mereka menjadi lebih...